Ahmad Rifai Masykur Weblog

assalaamualaikum…..

Bawang Putih Untuk Kecantikan


Tak hanya penambah citarasa, ternyata bawang putih juga memberi sejuta manfaat untuk kecantikan. Siapa bilang cantik itu mahal?

Cantik itu butuh biaya. Tentu saja! No pain, no gain, begitu kata pepatah. Meski begitu, bila mengetahui, biaya yang dibutuhkan untuk cantik tak semahal apa yang kita bayangkan. Pilihan perawatan sangat menentukan harga yang harus kita bayar. Perawatan kecantikan dengan penggunaan teknologi di salon tentu akan sangat menguras kocek. Namun kita harus waspada. Penggunaan teknologi dalam perawatan kecantikan kerap menimbulkan dampak yang tidak baik bagi wajah.

Sudah keluar banyak uang, mesti berhati- hati pula, repot sekali, bukan! Tentu segala kerepotan ini tidak akan terjadi bila Anda memilih cantik dengan materi yang tersedia di alam. Alam yang kaya telah menyediakan apapun yang kita butuhkan,tinggal kita mengeksplorasi saja manfaatnya. Satu lagi asyiknya, material yang disediakan alam tak memberikan efek samping yang bisa membahayakan kulit.

Salah satu kekayaan alam yang bisa Anda manfaatkan untuk kecantikan adalah bawang putih. Selain kecantikan, bawang putih memiliki manfaat kesehatan. Di antaranya, dapat menjauhkan bakteri dan septik yang berbahaya, menangkal masuknya kolesterol dalam darah, menurunkan kadar kolesterol LDL, melindungi tubuh dari infeksi dan meningkatkan antibodi, mengeluarkan racun dari tubuh melalui pori-pori kulit. Bawang putih juga dapat meningkatkan tingkat insulin da-lam aliran darah, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan pencernaan, melawan dingin, dan membantu penyembuhan patah tulang. 

Bawang Putih Untuk Kecantikan

Mengusir Jerawat

Bila wajah Anda dipenuhi jerawat, tak perlu cemas, bawang putih bisa menjad obatnya. Ambil satu siung bawang kemudian haluskan. Oleskan bawang putih yang sudah halus di atas jerawat. Rasanya akan sedikit perih, tahan sebentar selama beberapa menit. Setelah itu bilas sampai bersih. Bila jerawat tidak terlalu parah, pasti keesokan hari sudah mengempes. Bila jerawat parah, lakukan pengolesan pada wajah berjerav.a: sampai jerawat hilang dari wajah Anda. Untuk hasil yang maksimal, lakukan tiga kal dalam sehari. Ingat, jangan pencet jerawat yang sedang meradang karena hal ini bisa menimbulkan bekas di wajah.

Tak hanya jerawat, komedoyang biasanya muncul di daerahTini juga cukup merusak penampilan. Haluskan beberapa siung bawang putih dan sapukan pada daerah yang berkomedo.

Anti-Aging
Tak hanya seiring pertambahan usia, garis-garis halus dan keriput bisa muncul caaa usia yang lebih dini. Hal Ini bisa disebabkan oleh penggunaan zat-zat kimiawi pada paparan sinar matahari. Banyakorang mengeluarkan uang puluhanjuta untuk melawan penuaan ini dengan cara menarik keriput dan sebagainya. Kini, coba bawang putih, gunakan sebagai masker dengan menghaluskan beberapa siung bawang putih oleskan merata pada wajah satu minggu sekali. Penggunaan secara berkala ini caca: melembutkan kulit dan membuat wajah tampak lebih halus karena senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih.

Menghilangkan Bekas Selulit
Sifat antibakteri dan antiperadangan yang dimiliki oleh bawang putih dapa: mengurangi peradangan kulit, menghilangkan bekas luka dan mengurangi bekas selulit di area paha, perut, dan pantat. Caranya, oleskan bawang putih yang telah halus pada bekas luka dan kulit yang meradang.
Menghaluskan dan Melembutkan Kulit

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang berkhasiat melembutkan : wajah. Caranya, jadikan sebagai masker. Ambil beberapa siung bawang putih, kemudian haluskan. Beri sedikit air. Setelah halus, oleskan pada wajah. Selain masker bawang putih juga bisa digunakan sebagai scrub wajah. Scrub wajah dengan bawang putih bisa dicampurkan dengan beberapa bahan baku seperti stroberi, tea treeoil, air panas dan oatmeal. Campurkan semua bahan. Setelah halus, pijat pada wajah 2-3 menit, kemudian biarkan sedikit mengering. Bilas dengan air panas dan cuci wajah (facial wash). Kemudian akhiri dengan air dingin.

Mengatasi Kerontokan Rambut

Kerontokan rambut adalah wajar yang dialami setiap orang. Namun menjadi tak wajar bila kerontokan ini mencapai 100 helai rambut setiap harinya. Berbagai masalah dapat menjadi pemicu kerontokan rambut ini. Di antaranya, stres, penggunaan sampo yang tidak cocok, penggunaan obat-obatan tertentu, sakit, dan sebagainya. Bawang putih dapat membantu masalah kerontokan rambut yang berpotensi menghabisi kepercayaan diri Anda.

Caranya: sebelum tidur, lumuri kulit kepala dengan minyak bawang putih sembari beri pijatan halus pada kulit kepala.
Lakukan hal ini sampai rambut tumbuh dan kerontokan berkurang.

One response to “Bawang Putih Untuk Kecantikan

  1. Pingback: Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan | Pengetahuanku.biz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s