Ahmad Rifai Masykur Weblog

assalaamualaikum…..

Jambu Biji Mantapp..

Jambu biji adalah jenis buah yang hanya dapat tumbuh di daerah beriklim tropis, seperti indonesia yang kaya akan buah jambu biji. Di pasaran, anda dapat menemukan 2 ragam jambu biji, yaitu jambu biji bangkok dan jambu biji kampung dimana bijinya ada yang berwarna putih ataupun merah. Ternyata jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang paling banyak bila dibandingkan dengan jenis buah lainnya yaitu 87 mg per 100 g, disusul oleh pepaya (78 mg), belimbing (35 mg), jeruk (27-43 mg ), nanas (24 mg).

Beberapa penelitian membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur yang mengandung vitamin A dan vitamin C memiliki resiko lebih rendah untuk menderita penyakit kanker bila dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsinya, karena citamin A dan C berfungsi menggandakan sistem kekebalan tubuh. Kandungan zat gizi yang ada pada 100 gram jambu biji adalah:

Energi : 49 kal
Karbohidrat : 12,2 gr
Protein : 0,9 gr
Lemak : 0,3 gr
Kalsium : 14 mg
Zat besi : 1,1 mg
Vitamin A : 25 IU
Vitamin C : 87 mg

Vitamin C pada jambu biji 2 kali lebih banyak dibandingkan vitamin C pada jeruk. Hanya dengan mengkonsumsi jambu biji sebanyak 100 gram, kebutuhan vitamin C sehari-hari sudah dapat dipenuhi (kebutuhan vitamin C orang dewasa adalah 60 mg/hari).

Jambu biji sebaiknya dimakan dengan kulitnya karena pada kulitnyalah banyak terkandung vitamin C. Untuk penyimpanan sebaiknya pada suhu ruang dan jangan disimpan pada lemari es. Selain vitamin C, jambu biji juga kaya akan zat besi. Dan jika anda ingin awet muda konsumsilah jambu biji sejak dini karena vitamin-vitamin yang terkandung didalamnya termasuk golongan antioksidan (zat penangkal radikal bebas).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s